Suka Duka Mahasiswa Tingkat 1 Jurusan TekTel

Suka Duka Mahasiswa Tingkat 1 Jurusan TekTel

metamorfosis-mahasiswa-tingkat-awal-sampai-akhir-88kKsOwgBoHai, perkenalkan saya mahasiswi S1 Teknik Telekomunikasi tahun 2015, yang sekarang sedang menjalankan kuliah semester 3. Saya telah melewatkan pembelajaran tingkat 1 saya dengan luar biasa. Saya mendapatkan nilai yang cukup drastis dari semester1 ke semester 2 kemarin. Dan, memang terbuktihasilnya berkat kerja keras dan doa yang sudah saya lakukan. Disini, saya akan berbagi pengalaman tingkat 1 saya kepada kalian para pembaca J. Yuk disimak!

Pada semester 1, saya mendapatkan kurikulum lama dengan mata pelajaran Kalkulus 1 (4 sks), Fisika 1 (3 sks), Kimia (3sks), Pengenalan Teknik Telekomunikasi (3sks), Bahasa Indonesia (2sks), Bahasa Inggris 1 (2sks), dan Praktikum Fisika Dasar 1 (1sks). Untuk awal saya kuliah, saya belum tau arti sks itu apa, dan bagaimana ngaruh ke IP. Saya dulu juga belum mendapatkan cara belajar yang baik dan benar. Waktu dulu pikiran saya hanya mengerti pelajarannya dan berusaha mendapatkan nilai yang terbaik.

Pelajaran tantangan saya untuk semester 1 ini adalah PTT atau Pengenalan Teknik Telekomunikasi. Kenapa? Karena, basic saya bukan di PTT. Entah kenapa, saya tidak bisa belajar sesuatu yang tidak terlihat. Di dalam pelajaran PTT, kita belajar tentang sinyal, angka biner, dan sebagainya, karena aku sudah lupa, hehehe. Dan alhamdulillah, nilai PTT saya masih lulus. Tantangan kedua adalah Kalkulus, karena dosen kalkulus yang saya dapat itu tegas dan terlalu berpaku dengan slide. Oiya satu lagi, nilainya apa adanya. Dan, pelajaran kalkulus 1 itu luar biasa penuh mikir, hahaha, jadi ya terima nasib. Untungnya, waktu itu teman seasrama saya mengajak saya untuk les kalkulus 1 ini di Expert course, yang ngajar saya ka Aldo. Jadi, alhamdulillah kalkulus saya lulus *thumbs up*. Hanya di dua pelajaran ini saja yang membuat IP saya jatuh, walaupun orangtua saya masih puas, tetapi saya yang agak menyesal.. maka dari itu di semester 2, saya bertekat menaikkan nilai setinggi mungkin.

Pada semester 2, saya masih dengan kurikulum yang lama. Saya mendapatkan pelajaran Kalkulus 2 (4sks), Fisika 2 (3sks), ALPRO atau Algoritma dan Pemrograman (3sks), Bahasa Inggris (2sks), Agama Islam (2sks), KPST atau Konsep Pengembangan Sains dan Teknologi (2sks), Pengetahuan Lingkungan (2sks), Praktikum Alpro (1sks), Praktikum Fisika Dasar (1sks). Di semester ini, saya sudah mulai mendapatkan cara belajar yang benar, dan tidak deadliner. Jadi, saya lumayan enjoy di semester 2 ini. Dan, di semester ini saya berniat menaikkan IP saya, akhirnya saya lanjut les kalkulus 2 di Expert Course ini. Dan, hasilnya luar biasa menyenangkan.

Saat saya melihat mata kuliah pemrograman, saya langsung merasa under estimate gitu, takut deh pokoknya, karena saya basicnya bukan di pemrograman, dan belum pernah ngoding sebelumnya, jadi saya bertekat bagaimana pun caranya, IP saya harus diatas semester 1. Kendala saya disemester ini adalah saat ada TUBES atau Tugas Besar Alpro, perkelompok ditugaskan membuat 1 program, kelompok saya kebagian membuat Satpam Digital. Dan entah gimana ceritanya, kelompok saya engga ada yang bisa, hahaha. Jadi bener-bener sebisa mungkin aja buat codingnya. Saya dan kelompok saya, begadang sampai waktu yang ditentukan untuk mengumpulkan tugasnya, kami mengumpulkan tugasnya itu jam 4 pagi, dan itu bener-bener isinya yang kita bisa aja, intinya program satpan digital itu tidak jadi, hehe. Pada saat presentasi, kami jujur saja tidak bisa, dan konsep aslinya mau apa, dan… alhamdulillah dapat hasil yang bagus, memuaskan.

Pesan dari postingan saya ini adalah kalian harus tau apa yang kalian kurang bisa, dan apa yang sudah kalian bisa. Yang kalian tidak bisa harus kalian pelajari lebih dalam lagi, sampai kalian bisa aja dulu, masalah ahli dan lain-lainnya itu belakangan, seengganya kalian sudah bisa memahami konsepnya. Dan, untuk yang kalian rasa bisa, kalian harus mengembangkannya lagi, karena keahlian apapun kalau tidak diasah terus menerus tidak akan pernah lancar, pasti akan kaku dan lupa-lupa lagi. Jadi intinya, untuk kalian yang masih tingkat 1, belajarlah semaksimal mungkin, karena IPK tingkat 1 akan membantu kalian di IPK Tingkat 2,3,4 nanti. Karena, menurut saya, tingkat 1 adalah mata pelajaran yang dengan mudah kalian mendapatkan nilai A, jika kalian niat berusaha ya. Semangat dari saya, terimakasih, dan sampai bertemu di postingan selanjutnya.

Created by : EVI NURCAHYANTI

ID Line : evinurc

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *