Tips Mendapatkan IP yang Tinggi

Tips Mendapatkan IP yang Tinggi

hat tossing ceremony at graduation

Hmmm, IP. Hell yeah….

IP atau Indeks Prestasi adalah kata-kata yang paling sensitif untuk mahasiswa. Tidak jarang ketika kalian menanyakan ini pada mahasiswa, mereka akan memilih tidak menjawab atau bahkan mengacuhkan kalian. Buat beberapa orang/mahasiswa IP itu ga terlalu penting tapi buat yang lain maybe very important dan berjuang abis-abisan buat dapat nilai yang tinggi supaya dapat IP tinggi pastinya.

Well, IP itu merupakan salah satu alat ukur prestasi di bidang akademik/pendidikan kalian di perguruan tinggi. Jenjangnya itu antara 0,00-4,00 makanya IP atau IPK paling tinggi itu 4,00. Kalo IPK itu singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif yang merupakan gabungan dari jumlah IP secara keseluruhan dibagi semester yang uda dijalanin. Misalnya nih kita dapat IP 3,6 semester 1 trus semster 2 dapat 3,5 nah tinggal jumlah tuh (3,6 + 3,5) / 2 semester = 3,55 berarti IPK kalian 3,55 gitu seterusnya sampe kalian ntar wisuda (paling cepat 8 semester untuk S1) berarti kumpulin tuh IP dari semster 1 sampe semester 8 dibagi 8 and itulah nanti yang jadi nilai akhir di Ijazah sobat.

Anyway terkait dengan IP Cum Laude yang artinya “Dengan Pujian”, siapa sih yang ga pengen dapat IP tinggi alias IP Cum Laude (ada juga yang ga tau nulisnya dibilangnya IP KUMLAUT heheheh) pasti donk semua pengen apa lagi buat yang emang dari skul uda juara kelas wah pastinya ngejar IPK tinggi. Kategori nilai untuk IP/IPK Cum Laude itu adalah 3,51-4,00.

Btw nih sekilas info cuma mau bilang kalo pemberian standar nilai di setiap universitas atau perguruan tinggi itu beda-beda loh ada universitas yang dengan rentang nilai 75-100 dapat A, ada yang harus nilai 90-100 baru bisa dapat A, ada yang kalo nilai 80 dapat AB n soon tapi basically ga jauh-jauh beda jaraknya. Kalo di Telkom University ngasi standar nilai yang lumayan tinggi loh, harus nilai 80-100 baru bisa dapat A bahkan ada beberapa dosen dan mata kuliah yang menerapkan standar A diatas itu. Makanya Expert Course ada tips nih yang bisa kalian praktekkan sesuai dengan pengalaman mimin untuk mendapatkan IPK yang tinggi

1. Sejak awal kuliah usahakan HARUS bisa IP tinggi. It’s a must because it’s beginning from the start guys. Yups semua berawal dari dasar. Bangun fondasi yang kuat dengan berusaha dapet nilai tinggi di awal karena ini amat berdampak pada the next IP khususnya IPK. Bayangin aja kalo kalian IP semester 1 and 2 aja uda 2,5 maka dapat IP 3,5 pun disemester selanjutnya kan bakal ga Cum Laude juga atau hasilnya ga maksimal (buat yang uda terlanjur IP dibawah 3 semster awal yah gpp juga sih sekarang tinggal berusaha sekeras mungkin buat ngejar IP tinggi disisa semester). Ini adalah fase paling menentukan tapi sering disepelekan mahasiswa karena mereka berpikir ahhh namanya juga maba pasti dibantu sama dosen nilainya. Its totally FALSE GUYS!!! Mustahil dosen membantu dan mengangkat nilai kalian. Ini perbedaan yang paling mencolok antara SMA dan kuliah. Kalian gak akan dibantu dosen untuk mendapatkan nilai yang bagus. Pada semester awal kuliah di Fakultas Teknik kalian akan mendapatkan mata kuliah dasar seperti kalkulus, fisika, algoritma & pemrograman dll. Banyak mahasiswa yang mengulang mata kuliah dasar. Bahkan di Telkom University lebih dari 20% mahasiswa ada yang MENGULANG mata kuliah dasar!!!! Jika kamu sudah mengulang atau mendapatkan nilai yang kurang bagus (baca : IP Jelek) di semester awal dan mata kuliah dasar, maka hampir dapat dipastikan langkah kalian semakin berat untuk mendapatkan IP Tinggi di semester berikutnya.

2. Kumpulin tugas tepat waktu. Ini penting, kalo ada tugas yang suru kerjai yah kerjain sendiri “jangan nyontek” kalopun kerja sama ya harus tau bagaimana kok bisa hasilnya begitu jangan hanya mengandalkan orang lain tanpa mengetahui isi dari tugas itu. Kalo pun kalian nyontek atau mengandalkan hasil kerjaan orang lain ketahui mengapa jawabannya begitu atau tanya langsung orangnya (kalo dia jawab gini: “uda nyontek banyak nanya lagi” heheheh itu artinya kalian emang harus mikir sendiri, makanya les di Expert Course hahaha)

3. Kerjain apa yang disuruh dosen. Ketahui kira-kira apa yang disukai setiap dosen mata kuliah kalian terhadap mahasiswa. Kalo bapa/ibu itu suka mahasiswa yang duduknya selalu didepan yah duduk selalu di depan (makanya cepat datang), ada dosen yang lebih liat mahasiswa dari segi penampilan (rapi, pakai baju sopan dll) macem-macem deh tinggal pintar-pintarnya kalian mengetahui apa yang disukai beliau dari mahasiswa.

4. Rajin Olahraga. Wah apa hubungannya nih?? Ya berhubungan lah gimana sih, tau ga sih dengan kita berolahraga maka kita akan semakin produktif dalam hidup. Karena kehidupan kuliah akan berbeda jauh dengan kehidupan SMA kita dulu. Tugas kita akan menumpuk dan kita harus sehat untuk menghadapi itu semua.

5. Jangan begadang!!! HAHAHAHA, ini adalah momok mahasiswa pada umumnya, Begadang!! Katanya bukan mahasiswa kalau gak begadang tiap hari. Masalahnya banyak mahasiswa begadang itu karena mahasiswa gak ngerti apa yang dijelasin dosen di kelas dan mereka menunggu jawaban dari temannya. Temannya baru selesai kerjain tugas malam dan mahasiswa akan menyalin pekerjaan temannya tersebut(yang pastinya udah malam banget dan akhirnya mahasiswa tersebut begadang). Siklusnya akan seperti itu setiap hari akhirnya mereka tidak produktif dan keteteran dalam memahami kuliah. Cara paling ampuh untuk mengatasi begadang adalah manajemen waktu dan kaian harus ngerti apa yang diomongin dosen pas kuliah, jadi kalian bisa ngerjain tugas sendiri tanpa harus tergantung teman.

Demikian yang bisa Expert Course bagikan buat kalian. Semoga bisa dapat IPK Cum Laude yah. Jika kalian worried dengan kuliah, bingung dengan transisi SMA ke kehidupan kuliah, bingung dengan mata kuliah dasar dan kepengen dapet IPK tinggi kalian bisa join aja Expert Course. Di Expert Course semua pengajarnya adalah ber-IPK Cum Laude >3.5 lho, bahkan mereka juga berprestasi menjadi asisten dosen dan mendapatkan beasiswa. Jadi selain belajar mata kuliah dasar kalian bisa curhat dan tanya-tanya ke mereka seputar strategi mendapatkan IPK tinggi dan curhat mengenai perkuliahan. Para pengajar Expert Course ramah-ramah dan open minded kok.

Oke guys, segini dulu postingan blog ini. Nantikan postingan Expert Course selanjutnya 🙂

#expertcourse

#bimbelnyamahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *